RUMUS pada MICROSOFT EXCEL
RUMUS pada MICROSOFT EXCEL
* Pengertian Rumus
Rumus adalah suatu instruksi untuk memproses (menghitung) data pada Microsoft Excel. Pada Microsoft Excel, rumus akan ditampilkan di Formula Bar.
* Ketentuan Pembuatan Rumus
Dalam membuat rumus, terdapat beberapa ketentuan sebagai berikut:
1. Tidak boleh lebih dari 240 karakter (huruf, angka atau tanda baca)
2. Tidak boleh ada spasi antar karakter
3. Harus dimulai dengan karakter sama dengan ( = ) ; contoh: =5+4 , bila di tekan Enter maka hasilnya 9.
* Penulisan Rumus ke Alamat Sel
Ada 3 cara penulisan rumus pada Microsoft Excel yaitu:
1. Menuliskan rumus menggunakan angka tetap. Contoh: =5+4
2. Menuliskan rumus menggunakan menggunakan alamat sel relatif.
3. Menuliskan rumus menggunakan alamat sel absolut (dengan simbol $)
* Operator Aritmatika pada Microsoft Excel
1. Ikon plus ( + ) berfungsi untuk penjumlahan
2. Ikon desk ( - ) berfungsi untuk pengurangan
3. Ikon bintang (*) berfungsi untuk perkalian
4. Ikon slash ( / ) berfungsi untuk pembagian
5. Ikon caret ( ^ ) berfungsi untuk perpangkatan
6. Ikon persen ( % ) berfungsi untuk persentase
Komentar
Posting Komentar