MICROSOFT EXCEL dan JENIS-JENIS DATANYA

A. Pengertian Microsoft Excel sebagai Pengolah Data Angka dan Grafik

Perangkat lunak (software) aplikasi yang ada pada komputer salah satunya adalah Perangkat Lunak Pengolah Angka. Dalam mengolah data angka ini, software yang biasa digunakan adalah Microsoft Excel. Dengan kata lain, Microsoft Excel adalah perangkat lunak pada komputer yang berfungsi untuk mengolah data angka dan grafik pada sebuah lembar kerja atau sheet. Microsoft Excel mengolah data angka melalui formula yang dimasukan oleh pengguna.

Gambar 1. Icon/Logo Microsoft Excel


B. Mengenal Jenis Data pada Microsoft Excel

Ada tiga jenis data pada Microsoft Excel yaitu Data Angka (Data Numerik), Data Teks dan Data Tanggal & Waktu.

1. Data Angka (Data Numerik)

- Data angka adalah data yang murni berupa angka dan simbol yang berhubungan dengan nilai atau simbol mata uang. Contoh dari data angka : 0123456789 ; Rp. 1.000.000 ; $400

 

2. Data Teks 

- Data teks merupakan data yang mengandung angka, spasi, huruf atau karakter lain yang bukan merupakan data numerik. Perbedaan data teks dan data angka terletak pada simbol mata uang. Pada data angka terdapat simbol mata uang, sedangkan pada data teks tidak terdapat simbol mata uang. Contoh dari data teks adalah 1Q2W3E4R ; 10Kg


- Data teks yang panjang dapat ditampilkan dengan cara dilipat dengan perintah Wrap Text atau dengan menekan tombol ALT+ENTER. 

3. Data Tanggal dan Waktu

- Data tanggal dan waktu merupakan data yang ditampilkan dengan format tanggal dan waktu.

-Penulisan pada data tanggal dipisahkan dengan tanda slash (/) atau desk (-). Penulisan data tanggal ini dituliskan dengan format (dd/mm/yyyy). Contoh data tanggal adalah 11/04/2009 atau 11-04-2009. 

-Sedangkan, penulisan data waktu dipisahkan dengan menggunakan tanda titik dua ( : ). Penulisan data waktu ini dituliskan dengan format (jj:mm:ss). Contoh data waktu adalah 07:34:12. 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS KOMPUTASI DAN CONTOHNYA

KOMPUTASI MODERN ABAD KE-21